Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

Jika kita ingin melakukan sebuah penelitian lalu kemudian didokumentasikan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah, kita harus tahu landasan-landasannya, baik secara teoritis ataupun secara faktual. Sebuah karya tulis yang sifatnya ilmiah itu tidak bisa asal tulis, RG Squad, ada struktur dan juga format penulisannya. Nah agar lebih mengenal dan memperdalam tentang karya tulis ilmiah, kali ini ayo kita simak penjabaran singkat mengenai karakteristik karya tulis ilmiah beserta tujuan dan manfaatnya.

Seperti halnya karya tulis yang lain, ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh karya tulis ilmiah, beberapa di antaranya:

  1. Tulisan yang dibuat harus mengacu pada teori. Teori dibutuhkan sebagai landasan berfikir dalam pembahasan suatu masalah.
  2. Harus lugas, artinya tidak emosional, tidak kritis, dan tidak menimbulkan Interprestasi lain. Hal ini harus diperhatikan dengan baik.
  3. Kemudian juga harus logis, artinya mengacu pada pembahasan yang rasional dengan urutan yang konsisten. Tulisan tidak memuat hal-hal yang janggal atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya, serta tidak boleh di luar nalar manusia.
  4. Efisien, artinya mempergunakan kata, kalimat dan bahasa yang baik, sesuai, dan mudah dipahami.
  5. Efektif, artinya tulisan-tulisan yang dibuat harus padat dan ringkas. Tidak boleh bertele-tele atau memasukkan opini-opini yang tidak penting.
  6. Objektif, artinya berdasarkan pada fakta, dalam hal ini kerangka karya tulis ilmiah bersifat konkrit dan benar adanya, tidak mengada-ada.
  7. Sistematis, artinya baik penulisan dan pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.

Nah, yang tadi itu kan karakteristik karya tulis ilmiah, sekarang kalian sudah tahu belum apa tujuan dari pembuatan karya tulis ilmiah itu? Beberapa tujuan dari pembuatan karya tulis ilmiah yang haru kalian ketahui yaitu:

  • Sebagai wahana untuk melatih ide tersurat atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Makalah ilmiah yang telah ditulis, harapannya akan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dan masyarakat.
  • Foster etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya konsumen pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi produsen (produsen) berpikir dan menulis di bidang ilmu pengetahuan.
  • Untuk membuktikan pengetahuan dan potensi ilmiah yang dimiliki oleh siswa. Pembuktian dalam menghadapi dan memecahkan masalah, dan itu bisa dilihat dalam bentuk karya ilmiah bersangkutan yang dibuat oleh siswa setelah mendapat pengetahuan.
  • Selain itu juga untuk melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian.

Karakteristik dan tujuan sudah kita ketahui, nah karya tulis ilmiah juga memiliki banyak manfaat lho, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.
  2. Penulis mendapat kesempatan berlatih mengintegrasikan hasil bacaan dengan gagasan sendiri.
  3. Mengembangkan pemikiran menjadi lebih matang.
  4. Mengakrabkan penulis dengan kegiatan perpustakaan, seperti menggunakan katalog dalam mencari buku yang diperlukan.
  5. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasikan dan menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis.
  6. Dengan menulis karya ilmiah, penulis akan merasakan kepuasan intelektual, yaitu satu kepuasan yang berkaitan dengan kemampuan untuk menyajikan satu pengetahuan.
  7. Dengan menulis karya ilmiah, penulis ikut menyumbang bagi perluasan cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.
  8. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.

untuk lebih memahami artikel diatas dan artikel lainya anda bisa mengunjungi situs https://blog.ruangguru.com

jika anda membutuhkan jasa konsultasi dan bimbingan karya tulis ilmiah bisa langsung menghubungi tim karya Data dgn langsung menghubungi kami di nomor 087889326185