9 Blok yang anda perlu dilakukan dalam Bisnis model Kanvas

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan menginginkan usahanya berjalan dengan baik sehingga target dari manajemen tercapai. Salah satu upaya untuk itu dengan melakukan salah satu strategi seperti strategi bisnis model kanvas.

Bisnis model kanvas ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Dijelaskan dalam buku tersebut bagaimana kerangka kerja dari blok elemen-elemen penting yang ada dalam model bisnis. Ada 9 blok Elemen yang harus dijalankan agar terjadi sebuah strategi manajemen yang baik.

  1. Segmentasi Pelanggan

Tentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis anda. Misalkan dalam menciptakan suatu produk anda harus bisa menentukan segmen mana yang akan menjadi target penjualan apakah segmen menengah kebawah atau segmen menengah keatas, tentu produk yang akan dijual berbeda agar bisa terjangkau.

  • Value Proposition/ proporsisi Nilai konsumen

Apa yang menjadi keunggulan dari produk itu, yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen segmen-nya.

  • Channels / Saluran

Bagaimana dan dengan cara apa anda bisa menyampaikan suatu produk anda sampai hingga ke konsumen.

Melalui penggunaan channels yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments. Jadi, cobalah pikirkan channels yang ingin Anda gunakan dengan baik, karena penentuan channels adalah salah satu elemen penting bagi keberhasilan sebuah  bisnis.

  • Revenue Streams / Sumber Pendapatan

Elemen yang sangat penting dalam bisnis, Darimana perusahaan/organisasi memperoleh pendapatan dari konsumen. Elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

  • Key Resource / Sumber Daya

sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka.

  • Customer Relationship / Hubungan konsumen

Hubungan antara perusahaan dan konsumen harus terjalin dengan baik dalam pelaksanaanya perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan tidak berpindah ke bisnis yang lain hanya karena hubungan yang kurang baik.

  • Key Aktivities / Aktivitas yang dijalankan

semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.

  • Key Partners / Kerjasama

Menjalin kerjasama dengan pihak lain sangat bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activites yang telah dibuat. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi. Contoh Suatu perusahaan produksi memerlukan pihak lain yaitu Distributor untuk pendistribusian produknya, begitujuga Distributor memerlukan Agen agen di wilayah wilayahnya untuk mendistribusikan produk agar menjangkau ke konsumen,

  • Cost Structure / Struktur Biaya

Mengelola biaya secara efisien akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan risiko kerugian.

Karyadata siap bantu untuk pembuatan/penyusunan proposal bisnis yang anda inginkan dan juga menerima jasa pembuatan tesis dan disertasi untuk mahasiswa yang super sibuk.

Karyadata bukan penjual namun dalam prakteknya kami membimbing anda dalam menyusun sebuah karya ilmiyah.