Proposal Penelitian

Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah rancangan penelitian dari seorang mahasiswa yang akan mengadakan penelisan karya ilmiah berupa skripsi, tesis maupun disertasi. Proposal merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam pembuatan rancangan penelitian dan mengembangkan ilmu pada salah satu bidang ke ilmuan tertentu. proposal disusun untuk dilanjutkan membuat karya ilmiah berupa skripsi, tesis masupun disertasi.

proposal memiliki ciri-ciri khusus dari beberapa penulisan karya lmiah lain. adapun karakteristik proposal , yaitu :
1. isinya berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam disiplin ilmu tertentu, sesuai dengan program setudi yang di tempuh oleh mahasisiwa yang bersangkutan.
2. merupakan rancangan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu dalam disiplin ilmuyang di pelajari.
3. mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat di tunjang oleh data sekunde, sedangkan untuk proposal bilbiograpi digunakan sumber yang otentik.
4. ditulis dengan bahasa indonesia yang baik dan bener kecuali program luarnegeri atau jurusan bahasa inggris, proposal ditulis dalam bahasa.

Contoh Proposal Penelitian

Sebelum melakukan penelitian, hendaknya penulis membuat proposal. Dengan membuat proposal penelitian pembaca akan mendapat gambaran awal dari penelitian atau tulisan karya ilmiah yang akan dibuat. Proposal tersebut dapat menjelaskan tentang kegiatan yang menghasilkan rancangan atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang disebut Proposal Penelitian Pengembangan. Selain itu proposal juga sebagai telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan atau disebut Proposal Penelitian Kajian Pustaka. Proposal juga digunakan dalam penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

Leave a reply