Persiapan Pelaksanaan FGD

Dalam pelaksanaan FGD tentu memerlukan beberapa dipersiapkan yang harus dilakukan supaya hasil dari tujuan penelitian melalui metode FGD ini bisa tercapai. Berikut kami sampaikan tahapan persiapannya yg dapat kami rangkum dari beberapa sumber diantaranya:

1) Membentuk Tim

Sebelum melaksanakan proses FGD anda harus membuat tim yang bisa menjalankan proses FGD itu sendiri dalam pelaksanaannya diantarnya:

  1. Moderator, bertugas untuk memfasilitator diskusi yang terlatih dan memahami masalah yang dibahas dan memahami tujuan penelitian yang hendak dicapai, serta moderator juga harus terampil mengelola diskusi.
  1. Notulen, fungsi dari seorang notulen yaitu mencatat inti permasalahan yang didiskusikan.
  2. Pencari Peserta, yaitu bertugas mencari peserta sebagai narasumber dan memastikan kehadiran partisipasi peserta dalam pelaksanaanya.
  3. Penyedia Logistik, yaitu orang orang yang membantu kelancaran FGD seperti penyediaan transportasi, konsumsi, akomodasi, insentif (bisa uang atau barang/cinderamata), alat dokumentasi, dll.
  4. Dokumentasi, yaitu orang yang mendokumentasikan kegiatan dan dokumen FGD seperti memotret dan merekam (audio/video).

2) Memilih Tempat Pelaksanaan FGD

Dalam memilih lokasi dan tempat pelaksanaan FGD ada baiknya tempat harus memiliki fasilitas layaknya sebuah ruangan rapat seperti: meja, kursi, whiteboard, Proyektor, speaker dan juga harus diperhatikan kenyamanan dan ketenangan agar bisa berjalan dengan baik.

3) Logistik Untuk Peserta FGD

Berbagai keperluan teknis yang dipelukan sebelum, selama, dan sesudah FGD terselenggara, meliputi peralatan tulis (ATK), dokumentasi (audio/video), dan kebutuhan-kebutuhan peserta FGD: seperti transportasi; properti rehat: alat ibadah, konsumsi (makanan kecil dan atau makan utama); insentif; akomodasi (jika diperlukan); dan lain sebagainya.

Insentif sangat penting sebagai strategi untuk menarik minat peserta, pemberian insentif juga merupakan bentuk ungkapan terimakasih peneliti karena peserta FGD bersedia meluangkan waktu dan pikiran untuk mencurahkan pendapatnya. Jika perlu, sejak awal, dicantumkan dalam undangan mengenai intensif apa yang akan mereka peroleh jika datang dan aktif dalam FGD. Insentif dapat berupa sejumlah uang atau souvenir.

4). Jumlah Peserta

Jumlah perserta menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan, idealnya adalah 6 – 8 peserta yang ikut berpartisipasi.

5). Rekruitmen Peserta

Dalam merekrut peserta yg harus diperhatikan adalah perekrutan peserta FGD peserta harus yang memiliki kemampuan untuk mengemukakan pendapatnya dan sesuai bidang yang akan diteliti agar tujuan penelitian tercapai.

Segera hubungi kami jika anda memerlukan bantuan untuk memfasilitasi FGD.

Leave a reply