Data Primer dan Data Sekunder

Data Primer dan Data Sekunder
Didalam penelitian sering sekali kita mendengar istilah data primer dan data sekunder apalagi bagi mahasiswa yg akan menyusun karya tulis ilmiyah baik tesis atau disertasi, data ini harus diperhatikan jangan sampai terbengkalai karna kesulitan mendapatkan data. Saran kami untuk sebuah penelitian tugas akhir mahasiswa lebih baik memakai data sekunder saja.
Data Primer dan data sekunder merupakan sumber-sumber data informasi yang dikumpulkan untuk menjadi dasar kesimpulan dari sebuah penelitian. Meskipun pada hakikatnya pengertian keduanya sama-sama merupakan sumber data, namun berbeda cara memperolehnya.
Untuk itu metode pengumpulan data harus sesuai dengan penelitian yang sedang dilakukan, apakah menggunakan data primer atau sekunder.

Berikut sedikit gambaran mengenai pengertian data primer dan data sekunder.

Data Primer
adalah sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, atau  hasil observasi dari suatu obyek, misalkan data perusahaan yg mau di teliti. Dalam pembuatan tesis yg harus diperhatikan oleh mahasiswa adalah data primer apakah mudah didapat tidak atau punya akses tidak ke salah satu perushaan yang mau di teliti. Ini penting jgn sampai ketika anda menyusun tesis anda mentok di data.

Data Sekunder
adalah sumber data penelitian yang diperoleh melalui media perantara atau secara tidak langsung yang berupa buku, catatan, bukti yang telah ada, atau arsip baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan secara umum.
Misalkan data data perusahaan yg sudah Go Public yg bisa diakses oleh siapa pun, namum saat ini dibatasi data data yg boleh diakses adalah data 4 tahun terakhir.
Data sekunder  ini bisa anda cari via media internet, datang ke perpustakaan atau dari jurnal jurnal yg sudah di publikasikan.

Untuk data data sekunder kami siap bantu untuk mencarikanya sedangkan untuk data primer klien sendiri yg harus mendapatkanya karna klien yg biasa punya akses.

Leave a reply