Karya Tulis

Karya Tulis adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Penulisan karya tulis ilmiah dianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif.
Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan :
1. Pendidikan untuk Semua
2. Peran Masyarakat pada Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
3. Penaggulangan Kemiskinan
4. Iklim Investasi dan Dunia Usaha
5. Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Tertular
6. Harmoni Sosial, Keberagaman dan Integrasi Bangsa
7. Energi Terbarukan
8. Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana
9. Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera
10. Ketahanan Pangan
11. Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi
12. Kreativitas, dan Inovasi Teknologi

Leave a reply