Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar

Menyusun kata pengantar memang susah-susah gampang. Kata pengantar biasanya terletak didepan suatu karya tulis ilmiah. Namun ada beberapa yang masih merasa bingung untuk membuat kata pengantar. Kata pengantar makalah yang baik yaitu kata pengantar yang mencakup isi dari keseluruhan makalahnya. yang membahas apa yang sebenarnya dibahas pada makalah. Di dalamnya disajikan informasi sebagai berikut :

-Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
-Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah,
-Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
-Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga,
-Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
-Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan,
-Harapan penulis atas karangan tersebut, dan
-Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Selain itu ada juga bagian buku atau makalah yang tidak kalah penting seperti daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, dan lain-lain yang secara tidak langsung menambah tingkat profesionalitas karya tulis tersebut. Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca.

Meskipun Anda sudah mengenal dan sering membaca pengantar isi makalah, namun pastinya banyak diantara Anda yang belum memahami secara detail bagaimana membuatnya secara benar sesuai dengan kaidah. Adapun Contoh Kata Pengantar Yang Baik tersajikan dalam paragraf berikut ini.

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan laporan persentasi tentang “……..” Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata pelajaran……
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Yth :
1. Bpk….
2. Ibu…
3. Orang tua kami yang telah membantu baik moril maupun materi
4. Rekan-rekan satu kelompok yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari guru mata pelajaran guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih baik di masa yang akan datang.

Dengan adanya tulisan Contoh Kata Pengantar yang sesuai dengan kaidah ini, Karya Data berharap kita semua mulai sekarang mampu membuat kata pengantar makalah secara baik agar makalah yang kita buat semakin berkualitas.

Leave a reply